KONI Kabupaten Tasikmalaya Targetkan Posisi “8 Besar” di Porda

BANDUNG, (PRLM).-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tasikmalaya memasang target minimal bisa meraih posisi “8 Besar” pada Porda XII/2014 Kabupaten Bekasi, yang akan berlangsung pada tanggal 12-23 November 2014.
Ketua Umum KONI Kabupaten Tasikmalaya Eddy Herdiman, saat dihubungi “PRLM”, Rabu (20/8/2014) mengatakan, menghadapi pelaksanaan Porda XII dan Peparda IV Jawa Barat di Kabupaten Bekasi, saat ini para atlet yang telah masuk ke dalam tim inti terus diasah kemampuannya.
“Jumlah kontingen Kabupaten Tasimlaya yang akan turun di Porda dan Peparda berjumlah 316 orang, yang terdiri dari 169 atlet, 92 ofisial, dan 55 satgas. Hasil ini merupakan hasil verifikasi atlet dan babak kualikasi yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Pengcab,” tutur Eddy.
Langkah yang telah dilakukan oleh KONI Kabupaten Tasimlaya menjelang pesta olah raga terakbar di Jawa Barat tersebut, selain melakukan latihan rutin, para atlet juga telah melaksanakan test dasar fisik dan test kesehatan, coaching clinic bago atlet dan manajer, dan pemusatan latihan cabang (Pelatcab) yang telah dicanangkan pada akhir bulan Mei 2014.
“Pelatcab saat ini sedang berlangsung dari sejak bulan Juni dan akan berakhir menjelang Porda pada awal bulan November nanti. Kita juga memmebreikan pelatihan kepda atylet dana manajer supaya mereka bisa memperkaya ilmu terutama dalam manajemen atlet dan pertandingan,” ujarnya.
Pada Porda nanti Kabupaten Tasikmalaya murni akan menurunkan atlet hasil binaan para Pengcab di bawah naungan KONI Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan beberapa atletnya saat ini ada yang tengah mengikuti program latihan khususu baik di PPLP, Pelatda Jabar, dan Pelatnas.
“Bahkan untuk atlet cabang olah raga atletik, taekwondo, gulat, dan senam saat ini ada yang dikirim mengikuti program latihan di Korea Selatan. Mudah-mudahan pada Porda di Kabupaten Bekasi nanti kami bisa memperbaiki peringkat dibandingkan saat Porda Jabar 2010,” ucapnya.
Eddy mengatakan, prestasi Kabupaten Tasikmalaya pada Porda XI/2010 Jabar lalu mendudukuki peringkat kesembilan dengan 17 medali emas dan 16 medali perunggu. Sementara pada Peoarda Kabupaten Taskimlaya meduduki peringkat ke-10 dengan meraih 9 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.
Dia berharap pada Porda di Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya bisa meraih lebih dari 17 medali emas. Eddy optimistis hal tersebut bisa diraih, arena jika melihat kekuatan kontingen Kabupaten Tasikmalaya saat ini dihuni oleh atlet-atlet yang memiliki prestasi tersendiri di bidangnya, sehingga diharapkan bisa bersaing dengan daerah-daerah unggulan.
“Harapan bisa meraih medali sebanayk-banyaknya. Kalau melihat dari hasil evaluasi dan pembinaan dan beberapa kali uji coba baik di Kejurbar dan Kejurnas, otivasi atlet sangat tinggi, bahkan mereka bisa berasing dengan daerah-daerah yang selama ini memang menjadi unggulan,” kata Eddy. (Irfan Subhan/A-89)***
Sumber berita: Pikiran Rakyat
Lebih baru Lebih lama