KONI Jabar Diminta Tegas Terkait Persiapan Porda

BANDUNG, (PRLM).- Masih simpang siurnya persiapan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jabar XII/2014 yang akan digelar di Kabupaten Bekasi, membuat Komite Olahraga Nasional di daerah (Konida) mendesak kepada KONI Jabar untuk bersikap tegas terkait persiapan ajang olah raga terbesar di Jawa Barat tersebut.
Kebibmbangan KONI di daerah cukup beralasan, pasalnya persiapan tuan rumah Kabupaten Bekasi, dinilai tidak serius menyiapkan Porda. Semrawutnya persiapan Porda Jabar XII/2014 terlihat dari belum beresnya beberapa persiapan. Mulai dari administrasi hingga kepastian venues cabang olah raga.
Pelaksanaan Porda Jabar XII tinngal menyisakan waktu kurang dari empat bulan. Jika sesuai rencana even tersebut akan dimulai pada tanggal 12-23 November 2014. Namun, hingga saat ini, beberapa hal yang seharusnya sudah dilakukan oleh Panitia Besar (PB) Porda Jabar XII belum terlaksana. Seperti pengiriman formulir pendaftaran cabang olah raga, nomor pertandingan, atlet, technical handbook, hingga kesiapan venue cabang olah raga.
Namun, hingga saat ini belum ada progres yang menggembirakan dari persiapan Porda Jabar XII/2014 tersebut. “Kita sudah sampaikan beberapa kali tentang persiapan Porda Jabar XII/2014 yang semrawut itu melalui media massa. Namun, belum ada tanggapan serius baik dari pihak tuan rumah Kabupaten Bekasi maupun dari KONI Jabar,” ujar Sekretaris Umum KONI Kota Bandung, Salahuddin Al Ayubi kepada wartawan, Jumat (22/8).
Oleh sebab itu Ayub berharap agar KONI Jabarbisa lebih reaktif menanggapi permasalahan yang terjadi dalam hal persiapan Porda Jabar XII/2014, sehingga peserta Porda Jabar XII/2014 memiliki kepastian tentang pelaksanaan Porda ini.
“Harapan kita, pada akhir Agustus ini minimal sudah ada kepastian venue cabang olah raga. Kalau dari hasil supervisi dianggap tidak layak, ya pindahkan saja ke daerah yang sekiranya sudah siap. Kita hanya peserta, tidak bisa ambil tindakan apapun dan kita butuh ketegasan dengan kesiapan tuan rumah. Dan itu jadi kewenangan KONI Jabar, karena itu harus reaktif melihat permasalahan yang terjadi,” ujarnya.
Hal senada diungkapkan KONI Kabupaten Sukabumi. Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Kab Sukabumi As Aidil Ashar mengakui jika persiapan tuan rumah Porda Jabar XII/2014 tidak berjalan dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan belum siapnya beberapa venue cabang olah raga hingga dipindahkan ke daerah lain.
“Selain itu, formulir pendaftaran pun belum juga kami terima. Padahal itu penting untuk mengetahu jumlah kontingen atau peserta di salah satu cabang olah raga. Harusnya formulir itu sudah kita terima sejak satu tahun lalu atau minimal enam bulan sebelum pelaksanaan. Tapi sampai saat ini kita belum terima,” ujarnya.
KONI Jabar sebagai penanggungjawab Porda Jabar XII/2014 bisa secepatnya menyelesaikan masalah yang terjadi. “KONI Jabar maupun supervisor cabang olah raga memang sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan pihak tuan rumah. Baik di Kabupaten Bekasi ataupun di Kota Bandung. Sekarang tinggal bagaimana, KONI Jabar, tuan rumah, bisa memberi keyakinan jika Porda Jabar XII/2014 benar-benar siap digelar di Kabupaten Bekasi,” katanya.
Terkait kesiapan atlet, lanjutnya, KONI Kabupaten Sukabumi sendiri sudah mempersiapkannya. Bahkan kontingen inti Kabupaten Bekasi pun sudah terbentuk berdasarkan hasil babak kualifikasi yang digelar beberapa waktu silam. Selain itu, para atlet pun sudah mengikuti tes fisik dan psikologi yang digelar 14-16 Agustus lalu.
“Tapi yang jadi persoalan adalah bagaimana kesiapan Porda-nya sendiri, meski itu tidak terlalu mengganggu persiapan atlet dalam berlatih. Tapi kami butuh kepastian karena akan mempersiapkan akomodasi yang disesuaikan dengan kemampuan kami,” tutur As. (Irfan Subhan/TA/A-108)***
Sumber berita: Pikiran Rakyat
Lebih baru Lebih lama