Kab. Kuningan Siapkan 19 Cabor Ikuti Porda Jabar 2014

KUNINGAN, (PRLM).- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kuningan mempersiapkan 19 cabang olah raga yang seluruhnya lolos pada babak kualifikasi, untuk diikutsertakan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XII tingkat Jawa Barat di Kabupaten Bekasi pada November 2014 mendatang. KONI Kuningan optimistis untuk memenuhi target dengan menyabet 16 medali emas atau peringkat 15.
Awalnya sempat ada rumusan pada rapat KONI sebelumnya, para atlet yang dikirim ke Porda Jabar itu hanyalah yang berprestasi atau masuk lima besar di setiap cabor pada babak kualifikasi, akibat terbatasnya dana yang tersedia. Jika mengacu kepada hasil keputusan rapat KONI, paling tidak hanya lima cabang olahraga (Cabor) unggulan yang dapat diberangkatkan, yakni; PABBSI dengan perolehan medali pada babak kualifikasi 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu. Atletik 10-4-2, Renang 1-1-1, Tinju 1-1-1 dan Karate 0-1-1.
“Namun, Bupati Kuningan Hj. Utje dan Manajer Tim Wakil Bupati Kuningan Acep Purnama, meminta agar seluruh cabor yang lolos babak kualifikasi diikutsertakan dengan catatan mereka harus berpresasi dan berpeluang untuk meraih medali,” ujar Ketua Umum KONI Kuningan H. Didi Sutardi, seusai acara silaturahmi di Kantor KONI Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan, Rabu (6/8/2014).
Berdasarkan data yang diperoleh, dari 22 Cabor yang mengikuti babak kualifikasi, di antaranya sebanyak 19 cabor dinyatakan lolos dan berhak mengikuti Porda XII Jawa Barat tahun 2014, yakni; Bulutangkis 4 atlet, Dayung 4 nomor, Balap motor 4 nomor, Taekwondo 2 atlet, Binaraga 2 atlet.
Kemudian, Spakbola, Atletik (meloloskan 17 atlet), Bola basket tim putri, Pencaksilat meloloskan 5 atlet, Karate meloloskan 4 atlet, Biliar meloloskan 5 atlet, Catur meloloskan sembilan atlet, Panjat tebing, Tarung Derajat dan NPCI/BPOC serta Sport Sepeda, Paralayang/Gantole, Tinju dan Renang. Sedangkan bola voly, tenis meja dan sepak takraw, dinyatakan gagal.
Didi juga menegaskan, atlet yang dikirim ke Porda Jabar nanti harus realistis dan memiliki peluang besar untuk meraih medali, sehingga para atlet yang sudah lolos pada babak kualifikasi, perlu terus berlatih sehingga pada saatnya nanti akan dapat memperkuat Kabupaten Kuningan ke Porda Jabar.
“Kuningan ingin memperbaiki peringkat karena pada Porda tahun 2003 di Indramayu, Kuningan menempati posisi ke-12, kemudian turun pada Porda 2006 di Karawang menjadi peringkat 16 dan turun lagi pada Porda XI tahun 2010 di Bandung menjadi peringkat ke-20,” ujar Didi.
Pada Porda Jabar tahun 2010, Kuningan mengikuti 17 cabor (235 peserta kontingen) dengan raihan berada di peringkat 20 dengan perolehan medali 7 emas, 8 perak dan 9 perunggu. Hanya enam Cabor yang menghasilkan medali yakni; PABBSI 2 emas, 1 perak, Atletik 4 emas, 3 perak, 3 perunggu, Berkuda 1 emas, 2 perak, 3 perunggu, Silat 2 perunggu, Renang 1 perunggu dan dari Sepakbola 1 perak.
“Kami sarankan agar seluruh cabor bersama KONI terus mempersiapkan diri yang waktunya hanya tiga bulan lagi, bahkan tingkatkan pemusatan latihan terutama bagi cabang-cabang olahraga unggulan. Lanjutkan pembinaan secara teratur dan kontinyu sehingga kelak dapat meraih prestasi yang diharapkan,” paparnya. (Toto Santosa/"PR"/A-88)***
Sumber berita: Pikiran Rakyat
Lebih baru Lebih lama